Menurut Cutlip and Center, dalam bukunya Effective Public Relations, edisi kelima (1982), public relations dapat dibedakan kepada fungsi manajemen melalui konsep kegiatan administrasi (operating concept of administration) dan fungsi staff khusus dalam pelayanan administrasi (specialized staff function serving administrator), Sedangkan dalam fungsi komunikasi sebagaimana yang dijelaskan diatas, pihak public realtions melaksanakan kegiatan komunikasi antara lembaga yang diwakilinya dan dengan pihak public sebagai sasarannya.
Kegiatan Manajemen Humas mencakup fungsi-fungsi pokok manajemen secara umum perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, penyusunan kepegawaian, pengkomunikasian,
pengawasan dan penilaian, Hal tersebut bersumber dari definisi manajemen Humas, (Public Relations Management) yang menurut Mc Elreath, Managing Systematic and Ethical Public Relations, 1993, Madison, Wisconsin: Brown & Mark adalah :
"Managing Public Relations means researching, planning, implementing and evaluating an array of communication activities sponsored by the organization; from small group meeting to internal satellite linked press conference, from simple brochures to multimedia national campaigns, from open house to grassroots political campaigns, from public services announcement to crisis management."
Manajemen humas berarti penelitian, perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi; mulai dari pertemuan kelompok kecil hingga berkaitan dengan konferensi pers international via satelit, dari pembuatan brosur hingga kampanye nasional melalui multimedia, dari menyelenggarakan acara open house hingga kampanye politik, dari pengumuman pelayanan publik hingga menangani kasus manajemen krisis.
Referensi :
Ruslan, Rosady, 2006. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
No comments:
Post a Comment