Marketing PR

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan program pameran !
Jawaban : suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli. Program pameran terbagi kedalam dua jenis yaitu Pameran dalam ruang yang diselenggarakan digedung-gedung khusus & Pameran luar ruangan untuk produk-produk yang berukuran besar seperti pameran pesawat.
2. Jelaskan manfaat nya perusahaan melaksanakan program pameran !
Jawaban :
  • Memperkenal kan produk baru : Dalam hal ini seharusnya penjaga pameran bereaksi terhadap perkembangan reaksi pengunjung pameran dari bentuk respon sekecil apapun, jika perlu pancing reaksi baik ucapan, penolakan, dll
  • Memperkenalkan produk hasil modifikasi : Misal anda memiliki usaha bidang obat herbal, nah anda mecoba menggabungkan dari berbagai bahan-bahan  herbal yang berkualitas namun itu tidak lazim, dan orang lain belum merasakan manfaatnya, dengan pameran anda harus mencoba masuk bahwa modifikasi ini adalah sebuah inovasi, dan sosialisasikan di pameran, Jangan sampai anda juga berpikir bahwa modifikasi ini hanya sebuah bentuk produk baru. Ini eranya inovasi
  • Memperkuat Citra perusahaan : Jika perusahaan anda berkembang dari tahun-tahun sebelumnya, maka selain memajang produk di pameran maka anda perlu membuat diagram statistik bahwa ada kemajuan terhadap produk anda, karena pengunjungpun bisa berempati dan memperhatikan bukan mulai dari produk anda tetapi informasi perkembangang penjualan, kepuasan dari produk dan perusahaan anda. Bangun citra, lewat informasi, produk dan respon.
  • Mengumpulan informasi pesaing : Jangan pernah melewatkan sekalipun mengumpulkan informasi pesaing  jika dalam pameran bidang yang sama. Informasi dari pesaing bisa harga, alat/mesin, hasil terbaru, cabang/agen terbaru. Produk unggulan, dll
  • Menguji penjualan anda saat pameran : Keberhasilan jangka panjang, harus diuji dengan jangaka pendek. Untuk itu pameran bisa dijadikan cermin dari produk anda, dan hasil penjualan perlu dicatat sebagai evaluasi
  • Menguji SDM dan kekuatan teamwork : Saat pameran maka anda juga bisa menguji SDM yang ada baik dari marketing, quality control, produk dan pengepakan. Dll Setidaknya ketika titik temu antara produsen dengan konsumen sedang tinggi maka harusnya SDM juga cukup perhatian terhadap kesempatan ini.
3. Berikan contoh konkrit bahwa Marketing Public Relations dalam memotivasi penjualan !
Jawaban : Contohnya adalah kegiatan MPR yang dilakukan oleh perusahaan minuman ringan BIG Cola yang melakukan kampanye BIG Cola Be England yang mensponsori FA CUP dengan menggandeng Joe Hart goalkeeper Manchester city sebagai brand ambassador. Kampanye ini memberikan kesempatan sekali seumur hidup untuk 8 konsumer Big Cola yang juga pecinta sepakbola Inggris dari Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Mereka akan diberangkatkan ke Inggris untuk tendangan penalti ke gawang Joe Hart dan memenangkan hadiah utama, Salvo Trophy. kampanye BIG Cola Be England ini diharapkan mendapatkan tanggapan positif dari pelanggan di Indonesia, sekaligus meningkatkan penjualan kwartal akhir di market minuman soda Indonesia yang kompetitif dan Hasil penjualan Big Cola diharapkan untuk terus meningkat.
4. Jelaskan mengapa Marketing Public Relations diwajibkan mendorong motivasi armada penjualan dan bagaimana caranya MPR dalam memotivasi penjualan !
Jawaban :
Alasan MPR diwajibkan mendorong motivasi armada penjualan :
  • Sifat pekerjaan yang sering menimbulkan frustasi bagi armada penjualan.
  • Sifat manusia, jika tidak ada insentif khusus seperti keuntungan secara finansial atau pengakuan sosial maka akan bekerja dibawah kemampuannya.
  • Masalah pribadi, Armada penjualan sering disibukan oleh masalah-masalah pribadi seperti keluarga sakit, perselisihan perkawinan dan utang.
Model dasar memotivasi penjualan Chur Chill, Ford dan Walker menyatakan bahwa semakin tinggi motivasi wiraniaga semakin besar usahanya, semakin besar usaha maka semakin tinggi kinerjanya, semakin tinggi kinerja akan menghasilkan imbalan yang semakin besar, semakin besar imbalan akan menghaslkan kepuasan yang semakin besar pula dan semakin besar kepuasan akan memperkuat motivasi.
MPR memotivasi penjualan dengan cara memberikan pelatihan atau training berbentuk seminar indoor maupun out door yang bisa mempengaruhi secara psikologis armada penjualan sehingga mampu meningkatkan kinerja dan memberikan solusi bagi armada penjualan yang mengalami masalah pribadi ataupun dalam pekerjaan.
5. Bagaimana seorang Marketing Public Relations perusahaan otomotif Hyundai dalam membuat segmentasi produk dan target market serta positiong produk khususnya di Indonesia !

No comments:

Post a Comment